Minggu, 27 April 2014

Penerapan Model Learning Cycle Tipe 5E dengan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas Xc SMA Negeri 2 Dolo

Abstrak – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas Xc SMA Negeri 2 Dolo dengan menerapkan model learning cycle tipe 5E dengan media visual, dimana learning cycle adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan tahap-tahap yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Desain penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart dengan subyek melibatkan 21 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi pokok dinamika partikel, masing-masing siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi dan (iv) refleksi. Penerapan model learning cycle tipe 5E dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas Xc. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa, untuk ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 79,16% dan pada siklus II sebesar 90,47% dan meningkat sebesar 11,31%. Untuk daya serap klasikal pada siklus I sebesar 71,19% dan pada siklus II sebesar 81,19% dan meningkat sebesar 10,00%. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,25% berada pada kategori baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 96,25% berada pada kategori sangat baik dan meningkat sebesar 10,00%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 77,50% berada pada kategori cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,00% berada pada kategori sangat baik dan meningkat sebesar 17,50%.

Kata Kunci: Model Learning Cycle Tipe 5E, Media Visual, Hasil Belajar Fisika.

Artikel hasil penelitian ini merupakan salah satu persyaratan mengikuti ujian tugas akhir/skripsi mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Taduako. Ketentuan persyaratan ini mulai diberlakukan pada semester genap tahun akademik 2012/2013 dan artikel tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) online yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar