Kamis, 08 Mei 2014

Pengembangan Model Ujian Praktek Mata Pelajaran Fisika SMA di Kota Palu

Syamsu,  Amiruddin Kade, dan Haeruddin
Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Untad, Jl. Soekarno Hatta Km. 8 Tondo, Palu 94118, Indonesia
E-mail : syamsultan@yahoo.com
Ringkasan
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan konsep-konsep esensial terkait dengan pengembangan  masalah sebagai konten materi yang akan diujikan dalam model yang dikembangkan melalui analisis dan studi pustaka terhadap model-model penilaian  yang telah dikembangkan, mendapatkan gambaran tentang ujian praktek mata pelajaran fisika di sekolah,fasilitas dan sumber daya sekolah melalui kegiatan survey di lapangan, mendapatkan draf model penilaian  ujian praktek mata pelajaran fisika di SMA terkait dengan prosedur, identifikasi pengembangan tugas, rubrik, skala penskoran dan standar penilaian untuk setiap konsep esensial dalam materi fisika  di SMA, mendapatkan draf model yang telah dijugmen oleh beberapa pakar dalam bidang fisika dan pendidikan fisika melalui teknik triangulasi, mendapatkan hipotesis model penilaian ujian praktek mata pelajaran fisika di SMA melalui pengujian terbatas dan pengujian lebih luas, dan mendapatkan final model (model teruji) penilaian  ujian praktek  mata pelajaran fisika di SMA.
Melalui kegiatan survey sumber daya sekolah dan pelaksanaan ujian praktek mata pelajaran fisika SMA di Kota Palu diperoleh gambaran bahwa semua guru telah membuat kisi-kisi ujian praktek sekolah berdasarkan standar kompetensi lulusan, menggunakan tes unjuk kerja, namun tidak memahami tata cara pembuatan rubrik, peralatan yang dimiliki sekolah lengkap digunakan untuk ujian praktek.
Pengembanagan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis laboratorium dan instrumen ujian praktek mata pelajaran fisika SMA telah divalidasi oleh validator dengan hasil valid dengan revisi sehingga diperoleh perangkat pembelajaran yang siap digunakan pada ujicoba yang lebih luas.
Ujian praktek hukum ohm, elastisitas dan gerak lurus beraturan telah dilakukan dengan baik di sekolah walaupun dengan peralatan dan bahan yang sederhana dan tidak terlalu mahal. Sebagian besar siswa dapat melakukan pengamatan kualitatif dan kuantitatif dengan baik, menformulasi hipotesis berdsarkan rumusan masalah, membuat interpretasi hasil, dan mengidentifikasi pola/kecenderungan data hasil penelitian. Namun demikian, hampir seluruh siswa dapat memperkirakan hasil kegiatan praktikum, mengidentifikasi masalah, mengkomunikasikan hasil praktek, dan menarik kesimpulan berdasarkan data.
Akhirnya dapatlah disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangkan model ujian praktek mata pelajaran fisika SMA di Kota Palu dengan validitas dan reliabilitas yang baik.
Pernyataan Terima Kasih
Penelitian Ini terealisasi atas bantuan dana Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuuai Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor: 2628/UN28.KP/2013 tanggal 20 Mei 2013. Ucapan terima kasih diucapkan kepada Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. (SMAN 2 Palu), Junaidi, S.Pd., M.Pd. (SMAN 1 Palu), dan Selvianur, S.Pd. (SMAN 8 Palu) atas diskusi dan kerjasamanya.

Keterangan  : 106 hal., bahasa indonesia , Naskah Lengkap  :  formad PDF, Versi : Cetak    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar