Rabu, 07 Mei 2014

Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas V SDN Inti Tondo Palu Timur

LAPORAN PENELITIAN (Mei 2011).  Penelitian ini didanai oleh Program Bermutu Batch III Universitas Tadulako atas kerjasama Program Studi PGSD dan Pendidikan Fisika FKIP  pada tahun anggaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan oleh Drs. Najamuddin Laganing, M.Pd. (Ketua) dan Drs. Syamsu, M.Si. (Anggota) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako. Topik penelitian ini melibatkan 5 mahasiswa PS PGSD yaitu: Abd Razak (A 401 07 031), Abd Rasyid (A 401 07 008), Abdillah (A 401 07 035), Elmiana (A 401 07 023), dan Jusrina (A 401 07 006) untuk penyelesaian studinya.
ABSTRAK - Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualiatas pembelajaran IPA pada siswa SDN Inti Tondo Palu dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi untuk siklus I yaitu pesawat sederhana, dan untuk siklus II yaitu sifat-sifat cahaya. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 78,04% dan nilai rata-rata 75,8, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 90,6% dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 81.25%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 90,24% dan nilai rata-rata 76,43, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 96,35% dan aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 93,76%. Berdasarkan indikator penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Inti Tondo Palu.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Kualitas Pembelajaran IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar