LAPORAN PENELITIAN (Mei 2011). Penelitian
ini didanai oleh Program Bermutu Batch III Universitas Tadulako atas kerjasama
Program Studi PGSD dan Pendidikan Fisika FKIP
pada tahun anggaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan oleh Drs.
Najamuddin Laganing, M.Pd. (Ketua) dan Drs. Syamsu, M.Si. (Anggota) berdasarkan
Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako. Topik penelitian ini melibatkan 5
mahasiswa PS PGSD yaitu: Abd Razak (A 401 07 031), Abd Rasyid (A 401 07 008),
Abdillah (A 401 07 035), Elmiana (A 401 07 023), dan Jusrina (A 401 07 006) untuk
penyelesaian studinya.
ABSTRAK - Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
bertujuan untuk meningkatkan kualiatas pembelajaran IPA pada siswa SDN Inti
Tondo Palu dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V yang
berjumlah 41 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi untuk
siklus I yaitu pesawat sederhana, dan untuk siklus II yaitu sifat-sifat cahaya.
Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 78,04%
dan nilai rata-rata 75,8, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu dengan
rata-rata persentase aktivitas guru 90,6% dan aktivitas siswa berada pada
kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 81.25%. Pada
siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 90,24% dan nilai rata-rata 76,43,
aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata
persentase aktivitas guru 96,35% dan aktivitas siswa berada pada kategori baik
yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 93,76%. Berdasarkan indikator
penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe stad dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa
kelas V SDN Inti Tondo Palu.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD, Kualitas
Pembelajaran IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar