Selasa, 10 November 2015

Pendalaman Materi dan Strategi Pembelajaran IPA-Fisika SD

Pendalaman materi dan strategi pembelajaran IPA-Fisika SD adalah salah satu materi yang disajikan pada kegiatan PLPG PSG Rayon 125 Universitas Tadulako. Materi ini disajikan dalam durasi waktu 2 jam pelajaran atau setara dengan 100 menit.
Penyajian materi diawali dengan diskusi tentang permasalahan yang dihadapi oleh guru peserta PLPG dalam menyampaikan materi di kelas, baik yang berkaitan dengan isi materi maupun cara penyampaiannya.
Selanjutnya, pemaparan tentang beberapa miskonsepsi materi fisika oleh guru yang telah mengikuti PLPG sebelumnya. Miskonsepsi yang dimaksud muncul saat guru peserta PLPG melaksanakan latihan peer teaching. Dilanjutkan dengan beberapa kesalahan guru dalam penggunaan perangkat pembelajaran saat latihan peer teaching.
Diakhir, penyajian materi disajikan beberapa contoh studi kasus yang berkaitan dengan kisi-kisi soal ujian tulis nasional PLPG.
Sebagian instruktur pendalaman materi IPA-Fisika SD menyampaikan beberapa miskonsepsi guru SD dalam materi fisika antara lain: konsep jatuh bebas, listrik statis, listrik dinamis, kemagnetan, benda padat, cair dan gas, benda terapung, melayang dan tenggelan, sifat-sifat cahaya, tekanan pada zat cair, dan pasangan seri paralel pada baterai dan balon yang berbeda dayanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar