Senin, 30 Mei 2016

Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru SMA/SMK Mamuju Utara


Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju Utara Sulawesi Barat melaksanakan workshop peningkatan profesionalisme guru. Peserta workshop adalah perwakilan guru dari berbagai SMA dan SMK se kabupaten Mamuju Utara yang berjumlah 74 orang (29-30 Mei 2016).
Kegiatan ini mengdatangkan dua narasumber dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Kedua narasumber tersebut adalah Dr. Amiruddin Kade, M.Si. (Ketua Panitia Sertifikasi Guru Rayon 125 Universitas Tadulako) dan Drs. Syamsu,M.Si. (Ketua Devisi PLPG PSG Rayon 125 Universitas Tadulako).

Amiruddin Kade menyajikan materi sertifikasi guru dan profesionalisme guru  sedangkan Syamsu menyajikan materi penulisan karya ilmiah. Keduanya adalah dosen program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Tadulako.
Amiruddin dalam paparannya menyampaikan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen tahun 2005. Ke-empat kompetsni yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian. Lebih lanjut Amiruddin menyatakan guru yang diangkat pada tahun 2017 adalah guru yang telah memiliki sertifikat pendidik.
Syamsu diawal paparan menguraikan beberapa jenis karya ilmiah yang sering dilakukan guru untuk kenaikan pangkatnya. Secara rinci, syamsu menguraikan tentang penyusunan proposal PTK, pelaksanaan penelitian dan penyusunan laporan. Dilanjutkan dengan penulisan artikel ilmiah pada jurnal nasional yang ber-ISSN.
Diakhir kegiatan, kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabuapaten Mamuju Utara H. M.Yunus Alsyam, S.Pd. memberikan arahan sekaligus menutup acara dengan resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar