Minggu, 06 Agustus 2017

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 19 Palu

Artikel hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako pada Tahun 2017 (Dahrinto A. Maladjuna, Sahrul Saehana, dan Syamsu )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika di SMP Negeri 19 Palu. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 19 Palu yang berjumlah 20 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata tes awal sebesar 15,7 dan skor rata-rata tes akhir sebesar 30,35 dari 41 skor maksimal. Pengujian hipotesis menggunakan statistik non parametrik uji-t diperoleh thitung = 11,91 ttabel = 60 pada α = 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu thitung < ttabel dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar