Abstrak – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas Xc SMA Negeri 2 Dolo dengan
menerapkan model learning cycle tipe 5E dengan media visual, dimana learning cycle adalah model pembelajaran
yang berpusat pada siswa dengan tahap-tahap yang diorganisasi sedemikian rupa
sehingga membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Desain penelitian ini
mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart dengan subyek melibatkan 21 orang siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi pokok dinamika
partikel, masing-masing siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii)
pelaksanaan tindakan (iii) observasi dan (iv) refleksi. Penerapan model learning cycle tipe 5E dengan media
visual dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas Xc. Hal ini dapat
dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa, untuk ketuntasan klasikal pada
siklus I sebesar 79,16% dan pada siklus II sebesar 90,47% dan meningkat sebesar
11,31%. Untuk daya serap klasikal pada siklus I sebesar 71,19% dan pada siklus
II sebesar 81,19% dan meningkat sebesar 10,00%. Sedangkan untuk aktivitas guru
pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,25% berada pada kategori
baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 96,25% berada
pada kategori sangat baik dan meningkat sebesar 10,00%. Untuk aktivitas siswa
pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 77,50% berada pada
kategori cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,00%
berada pada kategori sangat baik dan meningkat sebesar 17,50%.
Kata
Kunci: Model
Learning Cycle Tipe 5E,
Media Visual, Hasil Belajar
Fisika.
Artikel hasil penelitian ini merupakan salah satu persyaratan mengikuti ujian tugas akhir/skripsi mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Taduako. Ketentuan persyaratan ini mulai diberlakukan pada semester genap tahun akademik 2012/2013 dan artikel tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) online yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar