Minggu, 06 Agustus 2017

Pengaruh Model Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 18 Palu

Artikel hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako tahun 2017, Volume 5 Nomor 2 (Sitti Rabia, Syamsu, dan Muslimin)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model Self Regulated Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi denganequivalent preetest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Teknik pengambilan sampel adalahpurposive sampling. Kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Instrumen hasil belajar fisika siswa adalah tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator dan telah di uji validitas item. Hasil analisa data diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 13,30 dengan standar deviasi 3,47 dan kelas kontrol 10,50 dengan standar deviasi 3,00 dari jumlah skor total yaitu 22 skor. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung  > ttabel = 2,84 > 2,02. Maka Hditerima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas yang mengikuti model  Self Regulated Learning dengan model pembelajaran konvensional.
 Kata KunciSelf Regulated Learning, Hasil Belajar Fisika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar