Selasa, 20 Oktober 2015

Audit Internal dan Evaluasi Mutu Pendidikan di PS S-1 Teknik Sipil Untad

Sistem Penjaminan Mutu Internal di UNTAD dirancang dan dilaksanakan untuk menjamin mutu akademik yang diberikan, sehingga sistem penjaminan mutu harus dapat memastikan lulusan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam visi, misi dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan pada jurusan dan program studi.
Pusat Audit dan Evaluasi Penjaminan Mutu Pendidikan LPPMP Universitas Tadulako pada tahun 2015 telah melaksanakan audit akademik internal program studi di lingkungan Universitas Tadulako mulai 05 sampai 21 Agustus 2015.
Salah satu Program Studi dari 55 Program Studi yang diaudit adalah Program Studi S-1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Untad. Program Studi yang dikoordinir oleh Gidion Turualo, ST., M.Sc., Ph.D. memiliki visi “Menjadi Program Studi yang menghasilkan alumni yang berkualitas, inovatif, santun dan berwawasan lingkungan, serta mampu bersaing dibidang teknik sipil. Visi tersebut dijabarkan ke dalam misi, tujuan dan strategi pencapaian.


Menurut Gidion terhadap kajian ulang hasil audit tahun 2014, ada dua temuan yang telah diperbaiki pada tahun 2015 yaitu: pembentukan gugus kendali mutu di program studi dan optimalisasi tugas dan fungsi penasehat akademik. Kedua hal tersebut ditunjukkan dengan keterlibatan wakil dosen program studi di unit penjaminan mutu fakultas dan adanya buku kontrol perwalian yang dapat dmemperlihatkan aktivitas komunikasi antara mahasiswa dan dosen walinga. Pengadaan buku kontrol perwalian oleh program studi teknik sipil diapresiasi oleh pimpinan fakultas yang baru dan akan dijadikan contoh bagi program studi di lingkungan fakultas teknik.
Auditor yang ditugaskan di PS teknik sipil Drs. Syamsu, M.Si. dan Dr. Jusman, S.Pd., M.Si. Keduanya adalah dosen PS Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar