Kamis, 29 Oktober 2015

Bimbingan PPLT di SD Negeri 11 Palu

Sekolah Dasar Negeri 11 Palu yang berlokasi di Jalan K.H. Wahid Hasyim Palu Barat memiliki siswa yang berjumlah 204 orang. Kesemua siswa duduk di kelas 1 sampai 6.  
Sekolah ini satu lokasi dengan SD Negeri 9 Palu dan SD Inpres Palu dengan lapangan upacara yang sama. Guru berjumlah 9 orang, 7 diantaranya pegawai negeri sipil dan selebihnya guru honor. Dalam pelaksanaan kegiatan akademiknya, SD Negeri 11 Palu dipimpin oleh Ibu Engelin Tumetel, S.Pd dan dibantu 2 orang pegawai tata usaha dan 1 orang tenaga perpustakaan. 8 guru sudah memiliki sertifikat pendidik, termasuk 1 guru non pns. 
Dengan potensi sumber daya manusinya, maka pihak Universitas Tadulako khususnya UPPLT FKIP melaksanakan kerjasama dalam bidang pembimbingan mahasiswa calon guru sekolah dasar. Untuk itu, pada semester ganjil 2015/2016 ditempatkan 5 mahasiswa PPL yang mengikuti PPLT tahun ini dan didampingi oleh seorang dosen pembimbing.
Menurut kepala sekolah, SDN 11 Palu, permasalahan yang dihadapi mahasiswa PPLT khusunya yang bertugas di sekolahnya adalah padatnya kegiatan mahasiswa setelah pulang dari sekolah. Hal ini, menurut peserta disebabkan banyaknya program pengabdian yang harus diselesaikan di posko. Akibatnya mereka tidak ada waktu untuk mempersiapkan diri membuat perangkat pembelajaran seperti media pembelajaran dan bahan ajar.
Untuk itu, dosen pembimbing PPLT menyarankan agar kepala sekolah menyampaikannya secara langsung kepada tim monitoring yang akan berkunjung menjelang berakhirnya pelaksanaan PPLT, atau menuliskan melalui instrumen monev pelaksanaan PPLT FKIP Universitas Tadulako.
Ke lima mahaiaswa Program Studi PGSD yang praktek di sekolah ini adalah Yana Alifta, Ni Made Wiyasmini, Moh. Rifal, Agnes Wulandari Mangesak, dan Fajriani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar