LAPORAN PENELITIAN. Lembaga Penelitian Universitas Tadulako (Desember 2011). Penelitian Pemetaan Pengembangan Mutu Pendidikan (PPMP) ini diketuai oleh Prof. Konder Manurung, DEA., Ph.D., dengan anggota masing-masing Dr. Moh. Tahir, M.Hum., Dr. Sutji Rochaminah, M.Si., Drs. Syamsu, M.Si. dan Widyastuti, S.Si., M.Si. Kegitan ini sepenuhnya didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggiu Kemdiknas sesuai dengan surat perjanjian pelaksanaan hibah penugasan program PPMP Nomor: 543/SP2H/PL/Dit-Liutabmas/VII/2011, tanggal 19 Juli 2011.
ABSTRAK - Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional terhadap
3 kelompok mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). UN mempunyai
tujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional. Berdasarkan hasil
UN tahun 2006/2007 sampai 2009/2010 pada
jenjang SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sigi dan Donggala, terdapat mata
pelajaran yang setiap tahun pelaksanaan UN cenderung memberikan hasil
pencapaian SK/KD yang rendah. Di kabupaten Sigi dan Donggala untuk kelompok IPA
yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Biologi dan kelompok IPS yaitu
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Sehubungan
dengan hal tersebut, maka perlu: memetakan kompetensi peserta didik SMA tiap
pokok bahasan; mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak menguasai pokok
bahasan tertentu; menemukan rumus alternatif pemecahan untuk meningkatkan
kompetensi peserta didik; dan merumuskan model implementasi pemecahan masalah dengan
menyertakan berbagai institusi terkait. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
kualitatif deskriptif dan studi kebijakan (policy
study). Penelitian menekankan pada gambaran secara kualitatif-deskriptif
hasil pemetaan capaian SK/KD pada mata pelajaran yang diujikan dalam UN,
faktor-faktor penyebab dan penyusunan desain model penanganan masalahnya.
Tahapan dalam penelitian ini adalah: Kajian awal, berupa analisis peraturan
yang berkaitan dengan penyelenggaran dan hasil UN, diharapkan dapat tersedia
peta kompetensi pada setiap mata pelajaran yang diujikan sehingga diperoleh
tingkat pencapaian SK/KD pada mata pelajaran tersebut; Kajian Lanjut,
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab melalui Focus Discussion Grup, uji pelacakan kompetensi guru, observasi dan
kuesioner, Indepth Interview,
Validasi model, Implementasi Model dilaksanakan pada tahun kedua melalui
pengabdian pada masyarakat.
Kata Kunci - Pemetaan; Hasil Ujian Nasional SMA; Standar
Kompetensi; Kompetensi Dasar; Pengembangan Mutu Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar