Rabu, 07 Mei 2014

Pemetaan Kompetensi Hasil Ujian Nasional dan Model Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Kabupaten Sigi dan Donggala Propinsi Sulawesi Tengah

LAPORAN PENELITIAN. Lembaga Penelitian Universitas Tadulako (Desember 2011). Penelitian Pemetaan Pengembangan Mutu Pendidikan (PPMP) ini diketuai oleh Prof. Konder Manurung, DEA., Ph.D., dengan anggota masing-masing Dr. Moh. Tahir, M.Hum., Dr. Sutji Rochaminah, M.Si., Drs. Syamsu, M.Si. dan Widyastuti, S.Si., M.Si. Kegitan ini sepenuhnya didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggiu Kemdiknas sesuai dengan surat perjanjian pelaksanaan hibah penugasan program PPMP Nomor: 543/SP2H/PL/Dit-Liutabmas/VII/2011, tanggal 19 Juli 2011.

ABSTRAK - Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional terhadap 3 kelompok mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). UN mempunyai tujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional. Berdasarkan hasil UN tahun 2006/2007 sampai  2009/2010 pada jenjang SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sigi dan Donggala, terdapat mata pelajaran yang setiap tahun pelaksanaan UN cenderung memberikan hasil pencapaian SK/KD yang rendah. Di kabupaten Sigi dan Donggala untuk kelompok IPA yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Biologi dan kelompok IPS yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu: memetakan kompetensi peserta didik SMA tiap pokok bahasan; mengungkap faktor penyebab peserta didik tidak menguasai pokok bahasan tertentu; menemukan rumus alternatif pemecahan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik; dan merumuskan model implementasi pemecahan masalah dengan menyertakan berbagai institusi terkait. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dan studi kebijakan (policy study). Penelitian menekankan pada gambaran secara kualitatif-deskriptif hasil pemetaan capaian SK/KD pada mata pelajaran yang diujikan dalam UN, faktor-faktor penyebab dan penyusunan desain model penanganan masalahnya. Tahapan dalam penelitian ini adalah: Kajian awal, berupa analisis peraturan yang berkaitan dengan penyelenggaran dan hasil UN, diharapkan dapat tersedia peta kompetensi pada setiap mata pelajaran yang diujikan sehingga diperoleh tingkat pencapaian SK/KD pada mata pelajaran tersebut; Kajian Lanjut, mengidentifikasi faktor-faktor penyebab melalui Focus Discussion Grup, uji pelacakan kompetensi guru, observasi dan kuesioner, Indepth Interview, Validasi model, Implementasi Model dilaksanakan pada tahun kedua melalui pengabdian pada masyarakat.

Kata Kunci - Pemetaan; Hasil Ujian Nasional SMA; Standar Kompetensi; Kompetensi Dasar;       Pengembangan Mutu Pendidikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar