Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Untad, Jl. Soekarno Hatta Km. 8 Tondo, Palu
94118, Indonesia
E-mail : syamsultan@yahoo.com
E-mail : syamsultan@yahoo.com
Ringkasan
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan konsep-konsep
esensial terkait dengan pengembangan
masalah sebagai konten materi yang akan diujikan dalam model yang
dikembangkan melalui analisis dan studi pustaka terhadap model-model
penilaian yang telah dikembangkan,
mendapatkan gambaran tentang ujian praktek mata pelajaran fisika di
sekolah,fasilitas dan sumber daya sekolah melalui kegiatan survey di lapangan,
mendapatkan draf model penilaian ujian
praktek mata pelajaran fisika di SMA terkait dengan prosedur, identifikasi
pengembangan tugas, rubrik, skala penskoran dan standar penilaian untuk setiap
konsep esensial dalam materi fisika di
SMA, mendapatkan draf model yang telah dijugmen oleh beberapa pakar dalam
bidang fisika dan pendidikan fisika melalui teknik triangulasi, mendapatkan
hipotesis model penilaian ujian praktek mata pelajaran fisika di SMA melalui
pengujian terbatas dan pengujian lebih luas, dan mendapatkan final model (model
teruji) penilaian ujian praktek mata pelajaran fisika di SMA.
Melalui
kegiatan survey sumber daya sekolah dan pelaksanaan ujian praktek mata
pelajaran fisika SMA di Kota Palu diperoleh gambaran bahwa semua guru telah
membuat kisi-kisi ujian praktek sekolah berdasarkan standar kompetensi lulusan,
menggunakan tes unjuk kerja, namun tidak memahami tata cara pembuatan rubrik,
peralatan yang dimiliki sekolah lengkap digunakan untuk ujian praktek.
Pengembanagan
perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis laboratorium dan instrumen
ujian praktek mata pelajaran fisika SMA telah divalidasi oleh validator dengan
hasil valid dengan revisi sehingga diperoleh perangkat pembelajaran yang siap
digunakan pada ujicoba yang lebih luas.
Ujian praktek
hukum ohm, elastisitas dan gerak lurus beraturan telah dilakukan dengan baik di
sekolah walaupun dengan peralatan dan bahan yang sederhana dan tidak terlalu
mahal. Sebagian besar siswa dapat melakukan pengamatan kualitatif dan
kuantitatif dengan baik, menformulasi hipotesis berdsarkan rumusan masalah,
membuat interpretasi hasil, dan mengidentifikasi pola/kecenderungan data hasil
penelitian. Namun demikian, hampir seluruh siswa dapat memperkirakan hasil
kegiatan praktikum, mengidentifikasi masalah, mengkomunikasikan hasil praktek,
dan menarik kesimpulan berdasarkan data.
Akhirnya
dapatlah disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangkan model ujian praktek mata
pelajaran fisika SMA di Kota Palu dengan validitas dan reliabilitas yang baik.
Pernyataan
Terima Kasih
Penelitian Ini terealisasi atas bantuan dana
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuuai Surat Keputusan
Rektor Universitas Tadulako Nomor: 2628/UN28.KP/2013 tanggal 20 Mei 2013.
Ucapan terima kasih diucapkan kepada Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. (SMAN 2 Palu),
Junaidi, S.Pd., M.Pd. (SMAN 1 Palu), dan Selvianur, S.Pd. (SMAN 8 Palu) atas
diskusi dan kerjasamanya.
Pustaka : Lembaga Penelitian Universitas Tadulako, 2013, Halaman :
Daftar Isi,
Keterangan : 106 hal., bahasa indonesia , Naskah Lengkap : formad PDF, Versi :
Cetak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar