Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Untad, Jl. Soekarno Hatta Km. 8, Tondo, Palu 94118
Abstrak
Telah dilakukan
penelitian pada siswa kelas XA12 SMA Negeri 1 Palu dengan tujuan untuk
meningkatkan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan strategi REACT dalam
pembelajaran kontekstual. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XA12 SMA
Negeri 1 Palu, dilakukan dalam dua siklus dengan materi pokok gaya dan
penerapannya. Penerapan strategi REACT
dalam pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini
dapat dilhat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan
pembelajaran siklus I dan siklus II meningkat ke kategori baik dan kategori
sangat baik. Kemudian peningkatan fase REACT pada siklus I dan siklus II
meningkat ke kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil tes pada siklus I
diperoleh ketuntasan klasikal 73.33% dan daya serap klasikal sebesar 70.67%.
Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 90.00% dan daya serap
klasikal sebesar 80.22%. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada siklus
II telah memenuhi standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan
yaitu di atas 80%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar
fisika pada siswa kelas XA12 SMA Negeri 1 Palu
Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual, Strategi
REACT, Hasil Belajar Fisika
Pernyataan Terima Kasih
Kegiatan penelitian
ini sepenuhnya dibiayai oleh Program Dia Bermutu Batch III Universiutas
Tadulako Tahun anggaran 2012/2013 dengan surat keputusan Rektor nomor: 5261/UN28/KP.2012 tanggal 22 Oktober 2012. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Nurwahidin,
S.Pd. dan Nina Muzdalifa, S.Pd. atas diskusi dan kerjasamanya selama dalam
proses penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar