Kamis, 08 Mei 2014

Penerapan Strategi REACT dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiska Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palu

Syamsu, Hendrik Arung Lamba dan Yusuf Kendek
Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Untad, Jl. Soekarno Hatta Km. 8, Tondo, Palu 94118
Abstrak
Telah dilakukan penelitian pada siswa kelas XA12 SMA Negeri 1 Palu dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XA12 SMA Negeri 1 Palu, dilakukan dalam dua siklus dengan materi pokok gaya dan penerapannya. Penerapan strategi REACT  dalam pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilhat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II meningkat ke kategori baik dan kategori sangat baik. Kemudian peningkatan fase REACT pada siklus I dan siklus II meningkat ke kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil tes pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 73.33% dan daya serap klasikal sebesar 70.67%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 90.00% dan daya serap klasikal sebesar 80.22%. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada siklus II telah memenuhi standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu di atas 80%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi REACT dalam pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas XA12 SMA Negeri 1 Palu
Kata kunci : Pembelajaran Kontekstual, Strategi REACT, Hasil Belajar Fisika
Pernyataan Terima Kasih
Kegiatan penelitian ini sepenuhnya dibiayai oleh Program Dia Bermutu Batch III Universiutas Tadulako Tahun anggaran 2012/2013 dengan surat keputusan Rektor nomor: 5261/UN28/KP.2012 tanggal 22 Oktober 2012. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Nurwahidin, S.Pd. dan Nina Muzdalifa, S.Pd. atas diskusi dan kerjasamanya selama dalam proses penelitian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar