Selasa, 04 Agustus 2015

Laporan Pendahuluan Data Base Pendidikan Balut Tahun 2015

Tim Penyusun : Asep Mahpudz, Syamsu, dan Ibnu Hajar
Ringkasan :
Undang Undang Nomor 5 Tahun 2013 tertanggal 11 Januari 2013.Pada Pasal 3 (1) UU Nomor 5 tahun 2013 tersebut disebutkan bahwa Kabupaten Banggai Laut berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan yang terdiri atas cakupan wilayah: Kecamatan Banggai; Kecamatan Banggai Utara; Kecamatan Bokan Kepulauan; Kecamatan Bangkurung; Kecamatan Labobo; Kecamatan Banggai Selatan; dan Kecamatan Banggai Tengah. Kabupaten Banggai Laut mempunyai batas-batas wilayah: sebelah utara berbatasan dengan Laut Maluku, Selat Kalumbatan, dan Selat Bangkurung; sebelah timur berbatasan dengan Laut Maluku; sebelah selatan berbatasan dengan Laut Banda; dan  sebelah barat berbatasan dengan Teluk Tolo.
Penyusunan database pendidikan di Kabupaten Banggai Laut ini merupakan langkah kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tadulako dengan Bappeda Kabupaten Banggai Laut.
Tujuan dari penyusunan database Pendidikan Kabupaten Banggai Laut di Provinsi Sulawesi Tengah adalah: menjadi sumber data dan informasi tentang layanana minimal pendidikan sebagai acuan bagi penyusunan kebijakan pembangunan pendidikan di Kabupaten Banggai Laut, memberikan informasi dan data yang akurat bagi penyusunan arah dan tujuan pembangunan bidang pendidikan yang akan dicapai di kabupaten Banggai Laut, dan menjadi acuan dasar dalam mengukur pencapaian visi dan misi pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Banggai Laut.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode deskriptif analitis, yang berarti pengungkapan atau deskripsi tentang keadaan faktual dan akurat tentang hasil kajian untuk dikupas secara analitis deskriptifmelalui analisis data baik deskriptif maupun statistik.
Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui teknik penyebaran daftar isian, wawancara dan observasi baik dilapangan maupun di instansi dan studi pustaka dan dokumen, selain itu juga dilakukan pengisian checklist dan daftar pertanyaan.
Beberapa hasil yang telah diperoleh antara lain: Profil Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Umum/SMA, dan Sekolah Menengah Kejuruan berdasarkan jumlah murid, jumlah guru, prasarana sekolah baik swasta maupun negeri. Selain itu, juga telah diperoleh profil pengawas dan guru yang telah disertifikasi. Untuk melengkapi laporan pendahuluan ini, tim masih akan melengkapi beberapa data yang berkaitan dengan profil yang telah disebutkan dan profil tentang pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimum (SPM) Pendidikan Dasar di wllayah Kabupaten Banggai Laut.Laporan Pendahuluan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar