Senin, 14 Maret 2016

Review Penyusunan Borang Akreditasi PS Akuakultur Untad

Akreditasi merupakan suatu proses dan hasil. Sebagai proses, akreditasi merupakan suatu upaya BAN-PT untuk menilai dan menentukan status mutu program studi di perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Sebagai hasil, akreditasi merupakan status mutu perguruan tinggi yang diumumkan kepada masyarakat.
Dengan demikian, tujuan dan manfaat akreditasi program studi adalah antara lain memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar, mendorong program studi/perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi, dan hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

Untuk mencapai tujuan dan manfaat tersebut, maka PS Akuankultur Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako telah menyusun borang akreditasi PS dalam upaya peningkatan nilai akreditasi yang diraihnya sejak tahun 2013.
Menurut koordinator PS  Akuakultur, kegiatan penyusunan borang dilaksanakan sejak bulan Desember 2015. Hal ini disebabkan PS Akuakultur merupakan salah satu PS yang merupakan target program percepatan akreditasi PS di lingkungan Universitas Tadulako.
Panitia program percepatan akreditasi PS yang diwakili sekretaris Dr. Ir. Dwi Sulistianingsih, M.Si. menyatakan salah satu tahapan program ini adalah review dan pendampingan penyusunan borang yang dilaksanakan pada hari ini (Senin, 14/03/2016). Selanjutnya, akan divisitasi internal oleh tim asesor yang telah ditugaskan. Namun demikian, bukan hanya dokumen borang yang diperiksa oleh asesor tetapi dokumen evaluasi diri PS dan borang fakultas.
Tim review yang hadir mendampingi sekretaris panitia adalah Dr. Intan Kurnia, M.Si., dan Drs. Syamsu, M.Si. Turut hadir pada kegiatan review adalah Ketua tim penyusun borang PS Akuakultur beserta anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar