Rabu, 13 April 2016

Pembimbingan Mahasiswa PPLT FKIP Universitas Tadulako

PPLT merupakan salah satu mata kuliah wajib yang merupakan perpaduan mata kuliah PPL dengan KKN yang dilaksanakan atas kerjasama LPPM Universitas Tadulako dengan Unit PPL FKIP Universitas Tadulako..
Pembimbingan mahasiswa PPLT tahap II bagi sebagian mahasiswa Program Studi Pendidikan Fiska FKIP Universitas Tadulako mulai dilaksanakan pada hari Selasa, 12 April 2016. Lokasi pembimbingan di tiga sekolah, yakni SMA Negeri 7 Palu, SMA Negeri 8 Palu, dan SMP Negeri 17 Palu dengan jumlah peserta 6 mahasiswa dan 4 guru pamong.
Pembinmbingan tahap II lebih fokus pada diskusi dengan guru pamong dan mahasiswa tentang persiapan perangkat pembelajaran, jumlah pertemuan yang telah dilaksanakan, permasalahan yang dihadapi peserta saat pelaksanaan pembelajaran, dan penguasaan materi bidang studi yang telah dan akan diajarkan.

Hasil diskusi tentang persiapan perangkat pembelajaran menunjukkan masih ada beberapa peserta yang belum mendapatkan format penyusunan RPP dari guru pamong, namun telah melaksanakan latihan pembelajaran di kelas.Hal lainnya, adalah masih ada peserta yang belum pernah mengajar karena alasan siswa baru selesai melaksanakan ujian akhir dan sebagian peserta telah 8 kali melaksakan pembelajaran di kelas namun RPP yang disusun hanya untuk 2 kali pertemuan.
Permasalahan lain yang dihadapi peserta khusunya yang mengajar di SMP adalah mengajar mata pelajaran biologi yang bukan bidang ilmunya. Namun demikian, para peserta tetap melaksanakan pembelajaran karemna menurutnya telah dibekali mata kuliah Biologi Umum, Penegetahuan Lingkungan dan Sains Terpadu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar